Pengertian Komputer, Sejarah Dan Fungsinya

01.08
Menurut para ahli komputer menyatakan secara umum bahwa Komputer adalah sekumpulan alat elektronik yang dimana antara satu dengan yang lainnya saling membantu dan membutuhkan dibawah kontrol program dengan kemampuan dapat menerima data atau input lalu mengolah data tersebut dengan menghasilkan informasi (output). 

Inilah Pengertian Komputer Dan Fungsinya

Saat sebelum kita jauh mengulas tentang computer jadi mari kita membenturkan pengertian computer menurut beberapa pakar serta mengulas sedikit histori computer serta faedah computer. Kita mengulas Pengertian Komputer, Sejarah Dan Fungsinya :

Pengertian computer datang dari bahasa Yunani yakni computare yang bermakna mengkalkulasi, di mana pengertian computer dengan cara bhs adalah suatu alat yang menggerakkan sistem bentuk perhitungan aritmatika. Lalu pengertian computer dari dengan cara bendawinya adalah satu alat elektronik yang bisa atau dapat dalam menggerakkan bentuk pemrosesan dari semua jenis info seumpama nada, gambar maupun teks yang bisa membuahkan keluaran yang kita kehendaki. 


Pengertian computer yang lain adalah satu mesin berhitung yang elektronik di mana pada awal mulanya sudah terprogram perintah sedemikian mungkin saja. Dengan cara umum, pengertian computer adalah satu peralatan elektronika yang bisa terima berbentuk input data, lakukan pemrosesan data serta bisa memberi hasil berbentuk keluaran yang berbentuk info yakni baik berbentuk video, nada, teks ataupun gambar.

Pengertian computer menurut DINUS adalah satu sekumpulan atau rangkaian mesin elektronik yang terdiri atas beberapa ribu terlebih bahkan juga jutaan komponen yang senantian sama-sama terkait atau bekerja bersama untuk membuat system kerja yang cermat serta rapi di mana lalu bisa dipakai dalam menggerakkan rangkaian pekerjaan dengan cara automatis, atas basic urutan perintah maupun program yang sudah diberikan pada computer. Pengertian yang sudah ada memberi makna bahwa computer mempunyai 2 atau lebih yang selalu bekerja bersama serta mempunyai sisi bagian yang dapat berkerja bila ada aliran listrik yang masuk pada computer itu. 

Pengertian computer menurut wikipedia adalah satu alat yang dipakai untuk memproses data di mana berdasar pada prosedural yang sudah dirumuskan pada awal mulanya.

Pengertian computer menurut Robert H. Blissmer yaitu satu alat elektronik yang mempunyai kekuatan dalam menggerakkan semua jenis pekerjaan seumpama terima input, mengolah input, serta menaruh semua perintah dan bisa sediakan output dalam lakukan pembentukan info.

Pengertian computer menurut Sanderes yang menyebutkan bahwa computer yaitu satu system elektronik yang memiliki sebagian kekuatan dalam merekayasa data dengan cara benar serta cepat dan bisa ditata serta di desain dengan automatis untuk terima serta menaruh suatu data yang sudah dimasukkan, menggerakkan dan bisa membuahkan keluaran di bawah dari pengawasan suatu system operasi yang mempunyai pekerjaan dalam mengawasi tiap-tiap beberapa langkah dari perintah program. Output itu yang bakal setelah itu disimpan dalam satu media penyimpanan. 

Pengertian computer menurut William serta Sawyer menyebutkan bahwa computer yaitu satu mesin yang mempunyai banyak manfaat yang dapat diprogram, terima data serta menjalan semua sistem merekayasa berbentuk info hingga bisa di pakai.

Pengertian computer menurut Elias M. Awad menyebutkan bahwa computer yaitu suatu alat untuk mengkalkulasi yang dapat mengolah data hingga dapat menunjukkan kedalam bentuk data analog serta data digital.

Pengertian computer menurut William M. Fuori yang menyebutkan bahwa computer yaitu suatu alat untuk lakukan banyak sistem pada data yang dapat dengan cara cepat untuk menggerakkan perhitungan besar seperti termasuk juga ada perhitungan aritmetika, operasi logika dengan tidak ada dampak dari campur tangan manusia. 

Perubahan computer sudah menimbulkan ada sebagian arti seumpama piranti lunak yang dimaksud software, piranti keras computer yang dikatakan sebagai hardware serta pemakai computer yang dimaksud brainware. 

hardware komputer

Sejarah Komputer :

Sesudah kita mengulas sebagian pengertian computer yang diterangkan dari sebagian beberapa pakar, jadi sebaiknya kita mengambil langkah pada kajian tentang histori computer serta perubahannya dari tiap-tiap generasi.

Generasi pertama yang nampak dalam histori computer itu diawali dimasa perang dunia ke-2 pada th. 1941. Ketika itu seseorang insinyur Jerman, yang bernama Kondrad Zuse sudah bikin computer yang mempunyai nama Z3 yang bisa digunakan untuk mendesain bentuk peluru kendali serta pesawat terbang. Lalu, diikuti dengan Inggris juga meningkatkan computer yang bisa dipakai dalam memecah semua jenis kode rahasia Jerman yang di kenal juga sebagai Colossus di th. 1943. Kemudian, tak lama Jerman serta Inggris membuat komputernya, jadi nyatanya Amerika juga turut meningkatkan computer oleh Howard H. Aiken yang sukses bikin suatu kalkulator elektronik untuk kepentingan US Navy yang disebut suatu computer paling besar yang memiliki kabel selama 500 ml serta mempunyai ukuran selama 1/2 lapangan sepak bola. 

Computer itu diberi nama Mark 1 atau di kenal juga sebagai The Harvard IBM Automatic Sequence Controlled Calculator yang yaitu satu computer relai elektronik. Computer itu masih tetap terbilang demikian sangatlah lamban serta tak flexibel. Lalu, lihat dari kekurangan alat pada awal mulanya jadi di ciptakan lagi suatu alat yang bernama ENIAC yang disebut computer dari hasil hubungan kerja pada Kampus Pennsylvania dengan Amerika Serikat, Computer ENIAC ini terbilang rumit karena memiliki 18 ribu tabung yang vakum, 5 juta titik solder serta 70 ribu resistor. Hal semacam ini adalah computer yang ada dalam histori computer yang memiliki mesin yang demikian besar hingga sudah membutuhkan daya yang sebesar 160 kW di mana untuk menghidupkan computer ENIAC. Computer ENIAC ini sudah didesain oleh John Presper Eckert serta John W. Mauchly yang memiliki kecepatan dalam bekerja yang 1000 kali lebih cepat dibanding Mark 1. 

Intinya, dari histori computer yang ada pada generasi pertama computer ini di buat dalam menggerakkan beberap pekerjaan spesifik. Mengenai tanda-tanda dari computer yang ada pada generasi pertama ini adalah belum seragamnya bhs mesin yang sudah dipakai dan ada pemakaian tabung vakum yang mempunyai ukuran yang demikian besar dan ada pemakaian silinder magnetik juga sebagai fasilitas penyimpan data.

Lalu, histori computer selalu berlanjut dengan membuat computer generasi ke-2. Pada perubahan computer yang ada pada histori computer ini di mana computer generasi ke-2 sudah banyak di pengaruhi oleh ada perubahan transistor yang mempunyai ukuran yang lebih kecil. transistor itu mulai digunakan di computer mulai sejak th. 1956. Pada penemuan yang lain berbentuk memori inti magnetik yang bisa jadikan computer memiliki ukuran lebih kecil, dihandalkan, irit daya serta lebih cepat dibanding dengan computer generasi pertama. Computer pada generasi ke-2 itu sudah mempunyai bhs assembly yaitu bhs yang telah memakai sebagian singkatan untuk menukar posisi kode biner.

Computer pada generasi ke-2 ini memiliki sebagian komponen penambahan seumpama disket, memori, system operasi, program serta printer. Mengenai satu diantara computer generasi ke-2 pada histori computer yakni IBM 1401. Lalu pada pemakaian computer di th. 1965 itu sudah didominasi untuk sistem info keungan. 

Dalam histori computer, computer masih tetap lakukan sebagian pergantian dengan melahirkan computer generasi ketiga pada th. 1958 setelah diketemukannya komponen Integrated Circuit atau IC yang diketemukan oleh Jack Kilby. Integrated Circuit atau IC sudah diketemukan oleh seseorang insinyur yang datang dari daerah Texas. Instrumen ini sukses mengombinasikan tiga komponen elektronika yang dalam suatu piringan silikon kecil yang tersusun dari pasir kuarsa. Lalu beberapa ilmuwan sudah sukses dalam bikin suatu chip yang disebut suatu paduan dari IC. Hal itu sudah bikin computer pada generasi ketiga jadi memiliki ukuran lebih kecil, lebih irit dalam pemakaian daya serta lebih cepat dalam pengoperasiannya. Pemakaian dari system operasi ini sudah bikin computer jadi lebih dapat dalam menggerakkan semua jenis program yang tidak sama dengan digerakkan dengan cara berbarengan.

Usaha pengembangan kekuatan computer selalu dilanjutkan, dalam histori computer diterangkan bahwa ada kemunculan computer generasi ke empat karenanya ada pengembangan LSI atau Large Scale Integration di tahaun 1980, VLSI atau Very Large Scale Integration serta ULSI atau Ultra Large Scale Integration di mana pada chip tunggal yang sudah terbuat dari semua jenis jumlah komponen-komponen. Hal itu mempunyai tujuan untuk dapat bikin computer jadi lebih kecil, lebih efektif, lebih irit daya, lebih murah serta sudah jadikan computer jadi lebih handal.

CPU pada computer itu itu nampak di generasi ke empat ini yaitu mempunyai chip intel 4004 pada th. 1971. 

chip intel 4004 tahun 1971

Chip yang tertanam pada computer ini sudah digantikan oleh mikroprosesor yang mempunyai kekuatan untuk didesain program sesuai sama keperluan dalam menggerakkan computer. Computer pribadi atau personal computer sudah dikenalkan oleh IBM di th. 1981. Perusahaan computer yang sudah berkompetisi pada masa generasi ke empat ini adalah Apple Macintosh serta IBM. Semua jenis processor serta type computer yang seperti Pentium, Pentiium II, penttium III, Pentium IV, ATHLON, AMD K6 yang disebut dari kelompok computer yang ada pada generasi ke empat.

Pada generasi ke empat ini telah berkembang hingga bermunculan computer seperti laptop, notebook, palmtop, computer serta yang lain.

Lalu untuk perubahan computer yang setelah itu pada histori computer yakni hingga pada generasi ke lima yang diberfokus pada pengembangan artificial intelegence atau kecerdasan buatan atau computer yang selalu senantiasa berpikir sendiri serta dapat berhubungan dan dapat berkomunikasi dengan manusia serta mempunyai pemahaman pada keadaan lingkungan yang ada di sekitar di mana berdasar pada pengalaman. Computer itu pada generasi ke lima ini masih tetap ada dalam step pengembangan. 

MANFAAT KOMPUTER

Dari perubahan computer yang tercatat pada histori computer tentu alami selalu pergantian, hal semacam ini lah yang bikin kita berpikir bahwa nyatanya computer selalu selalu di kembangkan lantaran computer memiliki faedah yang demikian besar hingga untuk memudahkan dalam menuturkan tentang faedah computer adalah dengan lakukan pembagian yang berdasar pada dari beberapa jenis computer yaitu.

Manfaat Komputer

1. Computer Personal atau PC
Type piranti ini memiliki banyak faedah. Di mana itu bergantung dari pemakainya, computer dari type ini memiliki kekuatan yang tambah lebih rendah dibanding computer server tetapi untuk faedah serta manfaat computer itu itu bergantung dari brainwarenya atau pemakai.

2. Computer server
Mempunya sebagian faedah dalam jadi pengontrol aliran data yang bakal masuk serta bakal keluar dari semua jenis computer yang ada dalam system jaringan yang ada. Hingga computer pada type ini memiliki manfaat yang demikian utama di dalam system jaringan. Computer dari type ini bisa aktif kurun waktu yang sangatlah lama dan memiliki kemampuan yang semakin besar dibanding dengan computer yang lain yang ada di dalam jaringan itu.

Demikian informasi mengenai Pengertian Komputer, Sejarah Dan Fungsinya, semoga menjadi penambah wawasan untuk anda mengenai apa itu komputer. Jangan baca artikel bagi info menarik lainnya yang pasti informasinya tidak kalah seru dan pentingnya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »